Senin, 29 April 2013

Inner Strenght


Sebelum membahas apa itu inner strength, kita bahas dulu tentang Inner beauty. Kita semua pasti tau atau paling tidak pernah dengarlah ajaran Inner Beauty, atau kecantikan dari dalam diri atau hati. Guys, ajaran 'Inner Beauty' itu memang bisa memperkuat mental, tapi ga kompatibel buat cowok.
Ketika wanita mempersenjatai mental mereka dgn Inner Beauty, apa yg kamu lakukan tuk' mempersenjatai mental pria mu? Jarang, hampir ga ada yg bakal mengajarimu dgn nilai-nilai kepriaan, makanya pria-pria skrg bermental showerpuff. Dari Pengamatan dan penelitian dari para ahli dinamika sosial. Para ayah di Asia sedikit sekali yg mengajari anaknya tuk' jadi lelaki seutuhnya. Mereka tak punya waktu dan tak bisa mengajarinya. Para ayah lebih cenderung berfokus untuk bekerja dan lupa mengajari anak laki-laki nya untuk memiliki mental pria seutuhnya.
Ayah tak punya waktu, sehingga ibu-lah yg take over pendidikan internal anak laki-lakinya. Ditanamkanlah nilai-nilai feminin, keibuan yang sekarang lebih dikenal dengan inner beauty. Nilai-nilai feminin itu bagus bila ditanamkan ke wanita, bukan ke anak laki-laki. Sehingga penyerapannya jadi serba ngaco, kadang menggelikan.
Contohnya nilai kelembutan ke wanita akan diserap menjadi keanggunan, namun ke laki-laki akan diserap menjadi kemunafikan & penakut. Karena nilai-nilai feminin di tubuh & pikiran laki-laki normal itu bertentangan dengan hormon testosteron yg mengalir ditubuhnya, yang merupakan kodrat dari seorang laki-laki.
Gue ga bermasalah dengan nilai-nilai feminin, tapi menurut saya pria BERHAK mendapat edukasi nilai-nilai moral kepriaan. Mungkin diasumsikan 'bisa belajar sendiri', pria-pria makin kehilangan arah. Gak punya role model. Makanya kebanyakan mereka sekarang menjadi melow-sensitif. Belom terlambat sih, tapi bingung juga nemuin panutan atau tutor di hal yang dianggap remeh ini, padahal mental itu sangatlah penting. Untuk mlatih fisik, pria maupun wanita bisa fitness, tapi kalo mau melatih mental? Kalo wanita ada Inner beauty, sedangkan pria? Haruskah ikutan mempelajari inner beauty? Hell no…., pria gak butuh kecantikan dari dalam... Inner beauty itu katanya unisex, tapi yg diajarkan didalamnya adalah menjadi wanita modern yg menarik & berharga.
Inner beauty itu sendiri adalah nilai-nilai yang diekstrak dari moral & attitude para lady, putri, ratu dimasa lalu. Jadi inner beauty tidaklah unisex, melainkan fokus disiplin mental khusus wanita, dari dan untuk wanita. Bila wanita tidak cantik secara fisik, mereka bisa sukses dgn cantik mentalnya, atau sebaliknya, atau punya keduanya.
 Lalu apa sebenarnya fokus disiplin mental pria sesungguhnya? KEKUATAN, bro…. Strength…!!!! Bila pria tidak kuat secara fisik, bisa sukses dengan kuat mentalnya, atau sebaliknya, atau punya keduanya. Inner Strength adalah nilai-nilai yg diekstrak dari moral & attitude para jendral, ksatria, pengembara di jaman dahulu.Inner Strength bukan tenaga dalam. Melainkan kekuatan, keperkasaan psikologis. Tak kasat mata namun terlihat. Kestabilan emosi. Prinsip yang tak tergoyahkan, mental tahan banting, harga diri yg tinggi
(bukan ketinggian), wibawa, serta keberanian yang cerdas.
Sebenernya kalo kita (laki-laki) buka mata baik-baik, tokoh-tokoh yang mengajarkan hal-hal tersebut cukup berlimpah di kisah nyata ataupung fiktif. Contoh tokoh-tokoh yang kaya akan Inner Strength adalah Jendral Guan Yu, Optimus Prime, Leonidas, James Bond (007), Jason bourn dan masih banyak lagi.



0 comments:

Posting Komentar